keutamaan La ilaha ilallah

Dalam kehidupan, kalimat tauhid La Ilaaha Illallah akan senantiasa memberikan kesan kuat kepada umat manusia. Kita akan mempunyai wawasan berfikir yang luas, karena kita meyakini Rububiyah Allah, sebagai Zat yang menciptakan langit dan bumi, sebagai Penguasa alam semesta, sebagai Pemilik barat dan timur. Bahkan Dia-lah yang memberi rezki dan mengatur umat manusia.
Iman kepada kalimat tauhid akan melahirkan rasa percaya diri dan kebesaran jiwa manusia. Kita yakin bahwa tak ada yang dapat menghalangi, selain Allah S.W.T. Hanya Dia-lah yang bisa memberi mamfaat dan mudharat. Dia-lah yang mematikan dan menghidupkan, dan Dia jugalah pemilik segala hukum, kekuasaan dan kedaulatan.
Walaupun orang mukmin memiliki kebesaran jiwa dan wawasan berfikir, tapi kita harus tidak boleh sombong. Kita harus selalu berusaha agar tidak terpedaya oleh keluasan berfikir dan kebesarannya itu. Hal ini dapat dicapai bila kita selalu mensyukuri nikmat yang diberikan Allah Azza wa Jalla. Kita harus sadar bahwa hanya Allah-lah yang menganugerahi seluruh kekuatan dan kebesaran itu. Hanya Allah-lah yang berkuasa memberi dan mencabut sesuatu sesuai dengan kehendakNya.
Orang yang mengimani kalimat tauhid akan memahami sepenuh hatinya, bahwa jalan menuju keselamatan dan kebahagiaan hanya dapat dicapai dengan kebersihan jiwa dan amal shaleh. Kita berasumsi begini karena beriman kepada Zat Yang Maha Kaya dan Maha Adil. Hanya Dia-lah tempat bergantung/berpegang.
Orang yang beriman kepada kalimat tauhid juga tidak akan mudah dihinggapi rasa putus asa dan frustasi dalam keadaan apapun. Kita yakin karunia Allah tiada terbatas. Kita yakin terhadap kekuasaanNya karena Allah-lah pemilik dan pengatur alam ini.
Orang yang beriman juga akan selalu berada dalam ketenangan yang hakiki, walaupun berjuta manusia menghina dan menyempitkan lapangan hidupnya. Kita selalu yakin akan pertolongan Allah pasti datang. Oleh karena itu kita harus selalu bertawakal dan meminta pertolongan hanya kepadaNya.
Iman juga memberikan api kekuatan yang besar dalam tekad, keberanian, kesabaran, ketabahan, dan tawakal. Oleh karena itu orang beriman akan sanggup menghadapi tugas-tugas berat dan menantang di dunia ini. Semua itu kita lakukan semata-mata hanya mencari keridhaanNya.
Selanjutnya perhatikan firman Allah dan beberapa hadits rasul tentang keutamaan mengamalkan kalimat La Ilaaha Illallah ini:
  1. Aman dari adzab Allah di dunia dan di akhirat (6:82).
(6:82)
Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.
  1. Sebaik-baiknya iman.
Sabda Rasulullah : Iman itu ada 70 lebih cabang, yang penting dan utama adalah "La Ilaaha Illallah" dan yang terendah adalah menyingkirkan duri (sesuatu yang menyakiti) di jalan (HR. Muslim).
  1. Sebab terhapusnya dosa dan maksiat.
Sabda Rasulullah s.a.w. : Allah s.w.t. berfirman : Wahai Ibnu Adam, sesungguhnya bila engkau datang kepadaku dengan dosa sepenuh bumi, kemudian engkau bertemu denganKu (pada hari kiamat) dengan tidak menyekutukan Aku dengan sesuatu, niscaya akan Aku berikan samudera ampunan untukmu (Tirmidzi).
  1. Sebab masuknya ke syurga atau ke dalam neraka.
Rasulullah s.a.w. bersabda : Allah berfirman : Barang siapa menerimaKu tidak meyekutukanKu dengan sesuatupun, maka ia masuk surga, dan barang siapa menemuiKu dan menyekutukan Aku dengan sesuatu, pasti ia masuk neraka (HR. Muslim).
Mudah-mudahan keutamaan mengamalkan kalimat tauhid ini dapat kita peroleh karena kita pasti bisa mengamalkannya, amiin (Sementara orang musyrik dan orang kafir tidak mungkin dapat melakukannya).

No comments:

Post a Comment

Hatur nuhun ka sadayana nu tos comment..