uga wangsit siliwangi (ramalan prabu siliwangi)


Saur prabu siliwangi ka balad na anu milu mundur dina sateuacan ngahiang : Lalakon urang ngan nepi ka poe ieu pisan, najan dia kabehna ka ngaing satia. Tapi ngaing heunteu meunang mawa dia pipilueun, ngilu hirup jadi balangsak, ngilu rudin jadi lapar. Dia kudu marilih, pikeun hirup ka hareupna, supaya engkena jagana jembar senang sugih mukti, bisa ngadegkeun deui padjadjaran. Lain pajajaran anu kiwari, tapi pajajaran anu anyar, anu ngadeg na di geuingkeun ku obahna jaman. Pilih!!.. ngaing moal ngahalang, sebab pikeun ngaing, heunteu pantes jadi raja, mun somah kabehna, lapar bae jeung balangsak.
Artinya :kata prabu siliwangi kepada pengikut2 nya yang ikut mundur pada saat sebelum moksa : perjalanan kita cuman sampe hari ini, walau pun kalian smua setia kepadaku. Tapi aku tak bisa mengajak kalian untuk ikut-ikutan, ikut hidup jadi susah, ikut (rudin) jadi lapar.kalian harus milih, untuk hidup kedepanya, supaya nanti kedepanya mendapatkan kaluasan, kekayaan dan mukti sehingga bisa mendirikan lagi pajajaran. Bukan pajajaran yang sekarang, tapi pajajaran yang baru, yang beridirinya dikarenakan oleh berubahnya jaman. Pilih. !! aku tidak akan menghalangi, sebab bagiku, tidak pantas jadi raja kalau (somah) semua. Lapar terus dan menderita. 

Darengekeun…! !Nu deuk tetep ngilu jeung ngaing, geura misah ka beulah kidul .Anu hayang balik deui ka dayeuh nu ditinggal keun, geura misah ka Beulah kaler.Anu deuk kumawula kanu keur jaya, geura misah ka beulah wetan. Anu moal milu ka saha- saha, geura misah ka Beulah kulon.
Artinya : Dengarkan..! !Yang mau tetap ikut dengan ku, cepat memisahkan diri ke daerah selatan. Yang pengen balik lagi ke kampung halaman yang di tinggalkan, cepat memisahkan ke daerah utara.Yang mau menjadi pengikut pada mereka yang lagi sedang berjaya, cepat memisahkan diri kedaerah timur.


Darengekeun…! !!Dia nu milih beulah wetan, ngaing nyaraho: Kajayaan milu jeung dia. Nya turunan dia anu bakalna marentah kadulur jeung ka batur. Tapi masing nyaraho, arinyana bakal kamalinaan. Engkena bakal aya babalesna. Jig geura narindak.Dia Nu beulah kulon, papay ku dia lacak KI SANTANG. Sebab engkena, turunan dia jadi ngageuingkeun ka dulur jeung ka batur, ka batur urut salembur, kadulur anu nyorang sauuyunan, ka sakabeh anu rancage di hatena.Engkena jaga mun teungah peuting digunung halimun kadenge sora tutunggulan, tah eta tandana saturunan dia di sambat kunu deuk kimpoi di lebak cawene. Ulah sina talangke. Sebab talaga bakal Beulah. Jig geura narindak. Tapi ulah ngalieuk katukang.
Artinya : Dengarkan.. !!kalian yang memilih kearah timur, aku mengetahui.. Kejayaan ikut dengan kalian, ya keturunan kalian yang akan memerintah pada saudara dan pad a orang lain, tapi harus kalian ketahui, bahwa kalian akan lupa diri. Dan nanti pasti ada balasanya. Cepatlah bertindak. Kalian yang di barat, ikuti oleh kalian jejak KI SANTANG. Sebab nantinya keturunan kalian yang akan mengingatkan kebaikan pada saudara dan orang lain. Pada orang yang satu kampung. Pada orang yang berusaha bersama-sama. Pada semua yang (rancage) hatinya nanti suatu saat bila di gunung halimun terdengar suara (tutunggulan) , itu tandanya satu keturunan kalian di panggil oleh yang menikah di "lebak cawene". jangan sampai terbengkalai, sebab telaga akan belah. cepatlah bertindak tapi jangan liat kebelakang.

Dia nu misahkeun beula kaler, darengekeun : dayeuh ku dia moal ka sampak. Nukasampak ngan ukur tegal baladeuhan. Turunan dia lolobana bakal jadi somah. Mun aya jadi pangkat, bakal luhur pangkat na, tapi moal boga kakawasaan. Arinyana engke jaga, bakal kaseundeuhan batur. Loba batur tinu anggang, tapi batur nu sarusah jeung batur anu nyusahkeun. Sing waspada.Sakabeh turunan dia ku ngaing bakal di langlang. Tapi ngan di waktu anu parelu. Ngaing bakal datang deui, nullungan anu barutuh, mantuan anu sarusah, tapi ngan nu hade lakulampahna. Mun ngaing datang moal kadeuleu. Mun ngaing nyarita moal kadenge.Memang ngaing bakal datang. Tapi kanu geus rancage hatena, kanu weruh di semu saestu. Mun ngaing datang, teu ngarupa teu nyawara, tapi mere ciri ku wawangi.
Artinya : Kalian yang memisahkan diri kedaerah utara, Dengarkan : kalian tidak akan menemukan kampung halaman, yang kalian temukan cuman tegal (baladeuhan) . Keturunan kalian kebanyakan akan jadi (somah). Ketika punya pangkat, akan tinggi pangkatnya tetapi tidak akan punya kekuasaan. Dan kalian nanti akan kerepotan sama orang lain. Banyak teman dari jauh. Tapi teman yang susah dan menyusahkan. Maka waspadalah. Semua keturunan kalian semua akan aku (langlang). Tetapi ketika waktu waktu yang perlu saja.aku bakal datang lagi. Menolong pada yang butuh. Membantu pada yang susah. Tapi cuman yang berkelakuan baik.kalo aku datang tidak akan terlihat. Kalau aku bercerita tidak akan terdengar. Memang aku akan datang. Tapi bagi yang sudah (rancage) hatinya. Yang mengetahui Di (semu saestu). Kalo aku datang tidak berwujud tidak bersuara. Tapi memberikan ciri dengan wewangian.

Timimiti poe ieu, pajajaran leungit ti alam hirup. Leungit dayeuhna, leungit ngarana. Pajajaran moal ninggalkeun tapak, jiba tingaran pikeun nu mapay. Sabab bukti nu kari bakal rea nu mungkir.Tapi engke jaga bakal aya nunyoba2, supaya anu leungit kapanggih deui. Nya bisa, ngan mapay kudu make amparan, tapi anu mapay na loba arieu aing pangpinterna. mudu aredan heula.Engke bakal rea nu panggih, sabagian sabagian. Sabab kaburu di larang kunu di sebut RAJA PANYELANG. Aya nu wani ngorehan terus, teu ngahiding ka panglarang ngorehan bari ngalwan bari seuri. Nya budak angon, imah na di birit leuwi pantone batu satangtung, kahieuman ku handeuleum karimbunan ku hanjuang.Ari ngangona? Lain kebo lain embe, lain meong lain banteng, tapi kalakay jeung tutunggul.Inyana jongjon ngorehan, ngumpulkeun anu kapanggih. Sabagian di sumputkeun, sebab encan wayah ngalakonkeun. Mangke mun geus wayah jeung mangsana, baris loba nu kabuka jeung rarea menta di lalakonkeun. tapi mudu ngalaman loba lalakon, anggeus nyorang undur jaman datang jaman saban jaman mawa lalakon.Liliana saban jaman, sarua jeung waktuna nyukma, ngusumah eujeung nitis, laju nitis di pinda sukma.
Artinya : Dimulai dari hari ini, Pajajaran hilang dari alam hidup. hilang kampungnya, hilang namanya. Pajajaran tidak akan meninggalkan jejak, hanya nama bagi yang melacak. Sebab bukti yang ada banyak yang akan mungkir. Tapi nanti suatu saat bakal ada yang nyoba-nyoba, supaya yang hilang ketemu lagi.memang bisa, tapi melacak harus pakai (amparan). Tapi yang melacak kebanyakan ngerasa paling pintar. Keburu gila duluan. Nanti bakal banyak yang ketemu, sebagian-sebagian. Sebab kaburu dilarang oleh yang di sebut RAJA PANYELANG. Ada yang berani mencari terus, tidak memperdulikan larangan. Mencari sambil melawan dan tertawa. Ya dialah sang pengembala. rumahnya di belakang sungai, pintunya setinggi badan. Ternaungi olah (handeuleum) , di rimbun oleh (hanjuang). Apa yang di gembala? bukan kerbau bukan kambing, bukan kucing bukan banteng. Tapi (kalakay) dan (tutunggul). Dia terus asik mencari. Mencari yang ketemu. Sebagian di sembunyikan. Sebab belum waktunya berperan. Pada suatu saat nanti masanya datang, bakal banyak yang terbuka dan banyak yang minta peran. Tapi harus mengalami banyak cerita, setelah mengalami banyak jaman datang jaman, tiap jaman membawa cerita. Lamanya jaman, sama dengan waktunya nyukma, (Ngusumah) dan nitis. kemudian nitis di (pinda ) sukma.

Darengekeun !Nu kiwari ngamusuhan urang, jaradi rajana ngan bakal nepi ka mangsa : "tanah bugel sisi Cibantaeun dijieun kandang kebo dongkol." Tah didinya, sanagara bakal jadi sampalan, sampalan kebo barule, nu diangon ku jalma jangkung nu tutunjuk d alun-alun.Ti harita, raja-raja dibelenggu.Kebo bule nyekel bubuntut, turunan urang narik wuluku, ngan narikna heunteu karasa sabab murah jaman jeung seubeuh hakan.Ti dinya, wuluku ditumpakan kunyuk; laju turunan urang aya nu lilir. Tapi lilirna cara nu kara hudang tina ngimpi.Ti nu laleungit, tambah loba nu kapanggih, tambah loba nu manggihna. Tapi loba nu pahili. Nya kabawa nu lain mudu diala. !Turunan urang loba anu heunteu engeuh, yen jaman ganti lalakon ! Ti dinya gehger sanagara. Panto nutup di buburak ku nu ngalanteur pamuka jalan ; tapi jalan nu kasingsal. Nu tutunjuk nyumput jauh ; alun - alun jadi suwung, kebo bule kalalabur : laju sampalan nu diranjah monyet !Turunan urang ngareunah seuri, tapi seuri heunteu anggeus, sabab kaburu : warung beak ku monyet, leuit beak ku monyet, kebon beak ku monyet, sawah beak ku monyet, huma di acak-acak ku monyet, cawene rareuneuh ku monyet. Sagala-gala diranjah ku monyet.Turunan urang sieun ku nu niru - niru monyet."Panarat" dicekel ku monyet bari diuk dina bubuntut. Wulukuna ditarik ku turunan urang keneh. Loba nu paraeh kalaparan.
Artinya : Dengarkan !! yang sekarang memusuhi kita, jadi rajanya hanya sampai masa : " (tanah bugel sisi cibantaeun) dijadikan kandang kerbau (dungkul)"nah dari situ senegara akan jadi (sampalan). (sampalan) kerbau bule. yang di gembalai oleh orang tinggi yang nunjuk2 di tengah alun alun.dari situ raja-raja di belenggu. kerbau bule megang (bubuntut). keturunan kita yang narik bajak.tapi nariknya tidak terasa sebab murahnya jaman dan kenyangnya makanan.dari saat itu bajak di naikin monyet. Kemudian keturunan kita ada yang sadar, cuman sadarnya seperti orang baru bangun dari mimpi. Yang hilang, tambah banyak yang ketemu, tambah banyak yang menemukan. tapi banyak yang tertukar, ya terbawa yang lain harus di ambil. Keturunan kita banyak yang tidak sadar bahwa jaman sudah berganti cerita.! pintu yang tertutup di obrak abrik oleh yang mengantar pembuka jalan; tapi jalan yang (kasingsal). Yang nunjuk2 bersembunyi jauh; alun-alun jadi (suwung), kerbau bule pada kabur; kemudian (sampalan) yang dirajah monyet!kebun habis sama monyet, sawah habis sama monyet, ladang di acak-acak monyet, wanita pada hamil sama monyet. Segala rupa di rajah sama monyet.keturunan kita takut oleh yang niru-niru monyet. ("panarat") di pegang oleh monyet sambil duduk di (bubuntut). Bajaknya di tarik oleh keturunan kita sendiri. banyak yang mati kelaparan.

Ti dinya, turunan urang ngarep-ngarep pelak jagong, sabari nyanyahoanan maresek caturangga.Heunteu arengeuh, yen jaman geus ganti deui lalakon.Laju hawar-hawar, ti tungtung sagara kaler ngaguruh ngagulugur, galudra megarkeun endog. Genjlong saamparan jagat !Ari di urang ?Rame ku nu mangpring. Prang - pring sabulu – bulu gading. Monyet ngumpul ting rumpuyuk. Laju ngamuk turunan urang ; ngamukna teu jeung aturan.Loba nu paraeh teu boga dosa. Puguh musuh, dijieun batur ; puguh batur, disebut musuh.Ngadak- ngadak loba nu pangkat nu marentah cara nu edan. Nu bingung tambah baringung ; barudak satepak jaradi Bapa. Nu ngaramuk tambah rosa ; ngamukna teu ngilik bulu. Nu barodas di buburak, nu harideung disieuh-sieuh. Mani saheng buana urang, sabab nu ngaramuk, heunteu beda tina tawon, dipalengpeng keuna sayangna.Sanusa dijieun jagal.Tapi, kaburu aya nu nyapih ; nu nyapihna urang sabrang.
Artinya : Dari situ, keturunan kita berharap dari bertanam jagung, sambil sok tau mengupas (caturrangga ), pada tidak sadar, kalau jaman sudah berganti cerita. Kemudaian sayup- sayup, ti ujung samudra utara bergemuruh menggelegar, galudra memecahkan telur, genjlong satu amparan jagat!kalau di kita? rame oleh yang (mampring). prang - pring sabulu-bulu gading. (istilah kebersamaan dalam sunda). monyet berkumpul pada menyerah. kemudian keturunan kita ngamuk. ngamuknya gak pake aturan. Banyak yang mati tanpa dosa. Sudah jelas musuh, di jadikan teman; sudah jelas teman, di sebut musuh. tiba-tiba banyak yang punya pangkat memerintah seperti orang gila.yang bingung tambah bingung; anak baru gede pada jadi bapak.yang mengamuk tambah parah; ngamuknya tanpa pandang bulu. Yang berkulit putih di obrak abrik, yang berkulit hitam di usir- usir.sangat ramai alam kita, sebab yang ngamuk, tidak beda dengan lebah, di lempar sangkarnya.. ..Satu nusa di jadikan jagal. Tapi terlanjur ada yang merelai; yang merelai orang sebrang.

Laju ngadeg deui raja, asalna jalma biasa. Tapi mémang titisan raja. Titisan raja baheula jeung biangna hiji putri pulo Dewata. da puguh titisan raja; raja anyar hese apes ku rogahala! Ti harita, ganti deui jaman. Ganti jaman ganti lakon! Iraha? Hanteu lila, anggeus témbong bulan ti beurang, disusul kaliwatan ku béntang caang ngagenclang. Di urut nagara urang, ngadeg deui karajaan. Karajaan di jeroeun karajaan jeung rajana lain teureuh Pajajaran.Laju aya deui raja, tapi raja, raja buta nu ngadegkeun lawang teu beunang dibuka, nangtungkeun panto teu beunang ditutup; nyieun pancuran di tengah jalan, miara heulang dina caringin, da raja buta! Lain buta duruwiksa, tapi buta henteu neuleu, buaya eujeung ajag, ucing garong eujeung monyét ngarowotan somah nu susah. Sakalina aya nu wani ngageuing; nu diporog mah lain satona, tapi jelema anu ngélingan. Mingkin hareup mingkin hareup, loba buta nu baruta, naritah deui nyembah berhala.
Laju bubuntut salah nu ngatur, panarat pabeulit dina cacadan; da nu ngawalukuna lain jalma tukang tani. Nya karuhan: taraté hépé sawaréh, kembang kapas hapa buahna; buah paré loba nu teu asup kana aseupan. Da bonganan, nu ngebonna tukang barohong; nu tanina ngan wungkul jangji; nu palinter loba teuing, ngan pinterna kabalinger.Ti dinya datang budak janggotan. Datangna sajamang hideung bari nyorén kanéron butut, ngageuingkeun nu keur sasar, ngélingan nu keur paroho. Tapi henteu diwararo! Da pinterna kabalinger, hayang meunang sorangan. Arinyana teu areungeuh, langit anggeus semu beureum, haseup ngebul tina pirunan. Boro-boro dék ngawaro, malah budak nu janggotan, ku arinyana ditéwak diasupkeun ka pangbérokan. Laju arinyana ngawut-ngawut dapur batur, majarkeun néangan musuh; padahal arinyana nyiar-nyiar pimusuheun.Sing waspada! Sabab engké arinyana, bakal nyaram Pajajaran didongéngkeun. Sabab sarieuneun kanyahoan, saenyana arinyana anu jadi gara-gara sagala jadi dangdarat. Buta-buta nu baruta; mingkin hareup mingkin bedegong, ngaleuwihan kebo bulé. Arinyana teu nyaraho, jaman manusa dikawasaan ku sato!

Artinya : Kemudian berdiri lagi raja, asalnya orang biasa. Tetapi memang titisan raja. Titisan raja dahulu dan biangnya satu putri pulau dewata. Memang titisan raja. Raja baru sulit sial oleh bencana! dari saat itu, ganti lagi jaman. Ganti jaman ganti cerita! kapan? tidak lama, setelah terlihat bulan pada siang hari, di susul terlewati oleh bintang yang bersinar terang. Di bekas negara kita, berdiri lagi kerajaan. Kerajaan di dalam kerajaan dan rajanya bukan dari keturunan pajajaran. Kemudian ada lagi raja, tapi raja buta/buto (raksasa pada pewayangan) yang mendirikan pintu yang tidak boleh di buka, mendirikan pintu tidak boleh di tutup; membuat "air mancur" di tengah jalan. Melihara burung elang di pohon beringin, memang raja buta! bukan buta duruwiksa, tetapi buta dalam artian "tidak melihat". Buaya dan anjing hutan, kucing garong dan monyet mencakari rakyat yang susah. Ketika ada yang berani mengingatkan; yang di sergap bukan hewan nya, tapi malah orang yang mengingatkan. Makin kedepan makin kedepan, banyak buto yang pada buta, memerintah lagi menyembah berhala. Kemudian berbuntut salah yang ngatur. (panarad pabeulit tinda cacadan); karena yang menggarapnya bukan ahli tani. Ya pasti : ( tarete hepe sawareh) (kembang kapas hapa buahna (buah pare loba nu teu asup kana aseupan) <<< peribahasa sunda yang mengandung arti bahwa segala usaha daya dan upaya tidak membuahkan hasil. Ya karena memang yang berkebun tukang berbohong; yang bertani cuman mengumbar janji; yang pintar terlalu banyak. Cuma pintar nya keblinger. Dari situ datang orang berjenggot. Datangnya (sajamang) hitam sambil (nyoren kaneron butut). Mengingat kan pada mereka yang lagi tersesat, mengingatkan mereka yang lupa. tapi tidak di perhatikan! sebab pinter keblinger, pengen menang sendiri. mereka tidak sadar, langit sudah merona merah, asap mengepul dari pembakaran. jagankan mau memperhatikan, malah orang yang berjenggot, oleh meraka di masukan ke penjara. Kemudian mereka mengacak acak dapur orang lain. seperti mancari musuh; padahal mereka mencari-cari permusuhan. Waspadal ah!! sebab mereka nanti, akan melarang pajajaran di ceritakan. Sebab takut ketauan, karena sebenarnya meraka yang jadi gara-gara semua malapetaka. Buto yang pada buta. semakin kedepan semakin nakal, melebihi kerbau bule. mereka tidak tau, jaman manusia di kuasai oleh hewan.!

Jayana buta - buta heunteu pati lila; tapi, bongan kacida teuing nyangsara ka somah, loba somah anu pada ngarep-ngarep caringin reuntas di alun-alun. Buta bakal jaradi wadal, wadal pamolahna sorangan. Iraha mangsana ? Engke mun geus tembong budak angon ! Ti dinya loba nu ribut; mimiti ti jero dapur, ti dapur laju salembur, ti lembur jadi sanagara !Nu barodo jaradi gelo marantuan nu garelut, di kokolotan ku budak buncireung! Matakna garelut ? Marebutkeun warisan. Nu hawek hayang panglobana; nu teu hawek hayang loba; nu boga hak marenta bagianana.Ngan anu areling caricing. Ariyana mah ngalalajoan. Tapi kaborerang. Nu garelut laju rareureuh. Laju kakara arengeuh kabeh ge taya nu meunang bagian. Sabab warisan sakabeh beak, beakna ku nu nyarekel gadean. Buta - buta laju nyarusup, nu garelut jadi kareueung, sarieuneun ditempuhkeun leungitna nagara. Laju nareangan budak angon, nu saungna di birit leuwi nu pantona batu satangtung, nu dihateupan ku handeuleum ditihangan ku hanjuang. Nareangan budak tumbal, tapi sejana dek marenta tumbal. Tapi, budak angon enggeus euweuh, enggeus narindak babarengan jeung budak anu janggotan; geus mariang pindah ngababakan, parindah ka Lebak Cawene. Nu kasampak ngan kari gagak, keur ngelak dina tutunggul.
Artinya: Berjayannya pada buta tidak terlalu lama, tapi memang mereka keterlaluan menyengsarakan rakyat, banyak rakyat yang mengharapkan pohon beringin tumbang di alun alun. Buta akan jadi tumbal, tumbal kelakuan sendiri. kapan waktunya? nanti ketika terlihat/ muncul pengembala. Dari situ banyak yang ribut, di mulai dari dalam dapur, dari dapur menjadi satu kampung, dari satu kempung menjadi satu negara. Yang bodoh menjadi gila membantu yang berkelahi, di ketuai oleh budak buncireng (budak buncireng = orang berperut besar )! sebabnya berkelahi? memperebutkan warisan. Yang rakus ingin paling banyak, yang tidak rakus ingin banyak, yang mempunyai hak minta bagian haknya. cuman mereka yang sadar hanya diam, mereka hanya menjadi penonton. Tapi kena getahnya. Yang berkelahi kemudian berhenti, kemudian baru sadar bahwa tidak ada satupun yang mendapatkan bagian, sebab semua warisan habis, habis oleh mereka yang memegang hak gadai. Buta buta kemudian menyusup. Yang berkelahi menjadi takut. takut di jadikan sebab hilangnya negara. kemudian mereka mencari pengembala, yang rumahnya di belakang sungai dan pintu nya batu setinggi badan. Yang gentingnya terbuat dari (handeuleum) , dan bertiang (hanjuang). Mencari seorang tumbal, tapi sebenarnya hendak minta tumbal. tetapi pengembala sudah tidak ada, sudah bertindak. Bersama-sama dengan orang berjenggot. Sudah berpindah kedaerah yang lebih bawah/rendah. pindahnya ke lebak cawene. Yang tersisa hanya tinggal burung gagak sedang bertengger di atas tunggul.

Darengekeun !!Jaman bakal ganti deui. Tapi engke, amun gunung Gede anggeus bitu di susul ku tujuh gunung. Genjlong deui sajajagat.Urang Sunda disasambat, urang Sunda ngahampura. Hade deui sakabehanana. Banguna ngahiji deui.Mangsa jaya, jaya deui; sabab Ratu anu anyar, Ratu Adil sajati.Tapi Ratu saha ? Ti mana asalna eta Ratu ?Engke oge dia nyaraho. Ayeuna mah, siar ku dia eta budak angon !Jig, geura narindak ! Tapi, ulah ngalieuk katukang !
Artinya : Dengarkan!! Jaman akan berganti lagi. Tapi nanti kalau gunung gede (dalam artian sebenarnya atau menunjukan gunung yang besar bingung) sudah meletus yang di susul oleh tujuh gunung. Genjlong lagi satu jagat. Orang sunda di panggil panggil, orang sunda memaafkan. Bagus lagi semuanya. Semuanya bersatu lagi. Masa jaya, jaya kembali; sebab ratu yang baru, ratu yang sejati..tetapi ratu siapa, dari mana asalnya ratu tersebut? Nanti juga dia ngerti. Sekarang, kasih tau kepada pengembala itu. Segeralah bertindak. Tapi, jangan melihat kebelakang.


Uga wangsit siliwangi..adalah wasiat eyang sribaduga siliwangi saat beliau mau ngahiyang/moksa..
mereka masih ada loh sampai sekarang...
ngahiyang ga kelihatan tapi mereka semua pada jumeneng
ada yang dilembah suryakancana di gunung gede pangrango, ada yang di palasari gunung salak bogor, ada yang di gunung godog , ada yang dicirebon , ada yang di hutan sancang..di gunung ciremai..nyebar..dan para sepuh/karuhun masih pada jumeneng/ADA bro..
sekilas info..
dalam uga wangsit siliwangi sang prabu menerangkan ramalan kejadian mulai beliau ngahiyang sampai ntar Nusantara/ Indonesia Jaya..MAKMUR..
siloka tentang bocah angon dan janggotan hampir mirip dengan Sabdo palon neye genggong atau semar kuncung batara ismaya...
lebih condong ke menerangkan adanya satria piningit/ Ratu adil...
satria piningit adalah turunan sri baduga siliwangi .....dari istri nyikenbuniwangi/mayang sunda / kentring manik...
prabu siliwangi punya istri 3
1. Subang larang punya anak 3 :
- walangsungsang / mbah kuwu cirebon / eyang cakrabuana pamannya syek syarif hidayatulloh /
wali khutub/ketua para wali setelah masa sulton muhyidin syekh abdul qodir jaelani.
mbah walangsungsang jumeneng di cirebon hingga wafat
- kian santang / sunan rahmat suci/ syekh godong..pesanggrahannya ada di gunung godog tasik
malaya
- Rarasantang putri sri baduga dari ibunda subanglarang, menikah dengan sultan raja mesir turunan
rosullillah, berputra 2 ( syekh syarif hidayatullah/sunan gunung jati ) pesanggrahannya di Cirebon-
keratonnya kanoman-kasepuhan-kacirebonan.
2. Mayang sunda/kentringmanik/ nyiken buniwangi
dari sini sri baduga punya anak penerus pajajaran namanya guru gantangan / eyang surawisesa..
pesanggrahan nyiken buniwangi ada di lembang bandung di lembah buniwangi.
3. nyi ambet kasih turunannya di sindang kasih majalengka -cirebon

pajajaran berakhir pada saat eyang suryakancana/pucuk umun..pesanggrahan pajajaran sampai sekarang masih ada di gunung gede pangrango....

satria paningit adalah ratu adil..
nanti jika sudah bubrak amanah pajajaran di lembah buniwangi/lebak ciwene...baru geger sanusantara..
karena lembah buniwangi ngejalur ghoib dengan gunung gede pangrango...
jaya deui nusantara...jayalah indonesia...merdeka..merdeka..
wassalam

6 comments:





  1. SELAMAT DATANG
    █▀█║█▀█║║█║█▀█║║█║█▀█║█▀█║║█▀█║█▀█
    █▀▀║█▀█║║█║█▄█║║█║█▄█║█▀▀█║█▄█║█║█
    ▀║║║▀║▀║▀▀║▀║▀║▀▀║▀║▀║▀║║▀║▀║▀║▀║▀
    █▀█║█▀█║█║█║█▀█║█▀█
    █▄█║█║█║▀▀█║█▄█║█▀▀█
    ▀║▀║▀║▀║▀▀▀║▀║▀║▀║║▀
    SELAMAT BERLOMBA MERAIH GELAR RATU ADIL
    ▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀

    ZARO BANDUNG ZARO AGUNG MAJELIS AGUNG
    █▀█║█▀█║█▀█║║█▀█║
    █▀▀║█▀█║█▀▀█║█▄█║
    ▀║║║▀║▀║▀║║▀║▀║▀║
    █║█║█║█║█▀█║█▀█║█▀▀║█▀█║█▀█
    █▀█║▀▀█║█▀█║█║█║█║█║█▄█║█║█
    ▀║▀║▀▀▀║▀║▀║▀║▀║▀▀▀║▀║▀║▀║▀
    █▀█║█▀█║█║█║█▀█║█▀█║║║║▀▀█║█▀█║█║▀▀█
    █▀█║█║█║▀▀█║█▀█║█▀▀█║║║█▀▀║█║█║█║▀▀█
    ▀║▀║▀║▀║▀▀▀║▀║▀║▀║║▀║║║▀▀▀║▀▀▀║▀║▀▀▀
    MANDALAJATI NISKALA
    Sang Pembaharu Dunia Di Abad 21
    ▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀▀
    Zaro Bandung Zaro Agung
    Majelis Agung Parahyangan Anyar
    adalah Top SDM Parahyangan,
    yang menyandang amanah dalam lingkup
    FILOSOFI IDEOLOGI SPIRITUAL SUNDA,
    yang memiliki otoritas melahirkan
    Khalifatulard "RATU ADIL" di Abad 21

    ReplyDelete
  2. Nice post. Sangat menarik. Mohon izincopas....

    ReplyDelete
  3. Apa iya Di Atas saya baca tidak menyebutkan Si Budak Angon itu keturunan Prabu Siliwangi.

    Menurut agan - agan smw ni... apa sdh terlihat Si Budak Angon itu skrg, dan tentu nya Pemilu 2014.
    yang saya perhatikan, mereka(CAPRES) yang hasil survey nya tinggi, kaya nya ga ada kriteria sprti budak angon itu deh. Dan klo memang blm muncul Di Pemilu 2014. kita akan menjalani masa'' sulit Negeri ini lbh lama lagi sampe budak angon muncul.

    huft.

    ReplyDelete
  4. ada di post selanjutnya bang,,,
    http://uheababil.blogspot.com/2010/08/mencari-budak-angon-yang-di-ceritakan.html

    ReplyDelete
  5. nu penting orang sunda kedah geura hudang kang.. :D

    ReplyDelete

Hatur nuhun ka sadayana nu tos comment..