10 hal yang membuat warga Indonesia bangga

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Website Kompas MuDA-KFC
Akhir-akhir ini saya agak sedih melihat beberapa warga negara indonesia di dalam negeri yang mulai bersifat ke- “jepang-jepangan” dan ke- “korea-koreaan” serta saya juga masih sedih ketika melihat banyaknya warga negara indonesia di luar negeri yang “dijajah” hak hidupnya hanya karena mereka berwarga negara Indonesia. Mereka yang telah disebutkan diatas seakan-akan kehilangan rasa bangganya atas Indonesia. Berikut ini adalah tulisan yang mudah-mudahan bisa kembali membangkitkan rasa bangga mereka atas Indonesia.
Inilah 10 hal yang paling membuat warga Indonesia bangga
  1. Bulutangkis
Olah raga yang berasal dari Inggris ini telah banyak mengharumkan Nama Indonesia di pentas olahraga dunia. Inilah olahraga yang pertama kali memberikan emas olimpiade untuk Indonesia di olimpiade Barcelona tahun 1992. Total Indonesia berhasil meraih 6 emas, 5 perak, dan 5 perunggu dalam 5 olimpiade terakhir. Indonesia tak hanya mempunyai nama di bulutangkis olimpiade, tapi juga di Piala Thomas dan Uber. Di kedua ajang bulutangkis internasional ini Indonesia berhasil menjadi 13 kali juara Thomas dalam 25 kali pelaksanaan Piala Thomas dan 3 kali juara Uber dalam 22 kali pelaksanaan Piala Uber.
2. Minyak Mentah
Indonesia memang kaya akan sumber daya, salah satunya adalah emas hitam ini. Berdasarkan pada data tahun 2008, Indonesia merupakan negara OPEC dengan produksi minyak tertinggi nomor 9 dengan produksi sebanyak 0,004 barel per kapita. Indonesia juga menduduki posisi yang sama dalam cadangan minyak mentah di antara negara OPEC dengan jumlah cadangan sebesar 0,05 barel per kapita.
3. Bahasa Indonesia
“Kami pemuda Indonesia berjanji menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.” Sebuah kutipan dari sumpah pemuda yang dengan semangatnya bisa membawa bahasa Indonesia menjadi sebuah bahasa yang dipelajari di 45 negara di dunia. Bahasa Indonesia juga menjadi bahasa kedua bagi penduduk Ho Chi Minh City yang merupakan ibu kota Vietnam dan di Australia, bahasa Indonesia telah menjadi bahasa populer keempat. Tak hanya mendunia di dunia nyata, bahasa Indonesia juga mendunia di dunia maya, buktinya wikipedia berbahasa Indonesia telah menduduki  peringkat 26 dari 250 wikipedia berbahasa asing di dunia dan peringkat 3 di asia setelah bahasa Jepang dan Mandarin, selain itu bahasa Indonesia menjadi bahasa 3 yang paling banyak digunakan dalam posting postingan di wordpress.
4. Produk Nasional Bruto
Meskipun Warga Negara Indonesia banyak menjadi “babu” di negara lain, tapi dalam kenyataannya Indonesia merupakan negara yang kaya dalam hal finansial. Terbukti Indonesia berada dalam peringkat ke-16 terkaya di dunia menurut data di CIA World Factbook tahun 2009. Kekayaan Indonesia menjadi $ 968,500,000,000. Jumlah kekayaan ini bahkan melebihi jumlah kekayaan Australia, Saudi arabia, Taiwan, serta Malaysia yang merupakan negara-negara tujuan orang-orang Indonesia untuk mencari penghasilan (baca: TKI)
5.Pendidikan
Indonesia merupakan negara dengan pendidikan yang cukup bagus. Indonesia memiliki 2.700 perguruan tinggi, 14.500 program studi, serta 1.9 juta mahasiswa. Ini merupakan jumlah mahasiswa nomor 9 terbanyak di dunia. Indonesia juga memiliki sumber daya manusia yang berbakat dalam tingkat internasional. Buktinya, di tahun 2009 saja Indonesia meraih medali di olimpiade kimia, biologi, fisika, dan juga komputer. Untuk olimpiade Kimia 2009 Indonesia meraih 1 perak 3 perunggu, olimpiade biologi 2009 meraih 1 emas, 1 perak, 1 perunggu, olimpiade matematika untuk siswa sekolah dasar Indonesia meraih 10 emas, 9 perak dan 5 perunggu, serta untuk olimpiade komputer Indonesia meraih 2 medali perak dan 1 perunggu.

6.Tempat Terindah
Indonesia merupaka sebuah zamrud yang ada di khatulistiwa. Begitu Indahnya Indonesia sampai-sampai dari Bumi yang seluas ini Indonesia memiliki 3 tempat terindah di dunia. Tiga tempat itu tercantum dalam “world most beautiful 100 places”. Ketiga tempat itu adalah Pulau Bali yang berada pada peringkat ke-26, Candi Borobudur pada peringkat ke-49 dan Pulau Komodo di peringkat 66. (gambar tempat2nya)
7.Penduduk Islam terbesar di dunia
Indonesia memiliki 240.271.522 penduduk Islam dan merupakan penduduk Islam terbesar di dunia. Mereka telah berperan besar dalam sejarah bangsa ini mulai dari banyaknya pejuang Islam yang menduduki peran penting dalam kemerdekaan Indonesia,  sertifikat halal MUI yang menjadi acuan di 33 Negara, hingga kebangkitan Islam juga akan dimulai dari Indonesia. Simaklah hadits berikut
Dari Tsauban R.A, dia berkata, telah bersabda Rasulullah SAW, akan datang Panji Panji Hitam dari sebelah timur, seolah olah hati mereka kepingan kepingan besi. Barangsiapa mendengar tentang mereka, hendaklah datang kepada mereka dan berbaiatlah kepada mereka sekalipun merangkak diatas salju. (dikeluarkan dari Al Hasan bin Sofyan dari Al hafiz Abu Nuaim) (  dari kitab Al Hawi lil fatawa oleh Imam Sayuti). Ada yang berpendapat bahwa kata timur itu dimaksudkan kepada Asia Tenggara, di Asia Tenggara yang paling banyak muslimnya adalah Indonesia.
8.Batik
Ya, inilah warisan budaya Nusantara yang sempat menjadi “kontroversi” dengan negara tetangga. Batik adalah salah satu  Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi yang telah diakui oleh badan kebudayaan PBB yaitu UNESCO. Banyak sekali corak batik yang ada di Indonesia ini, seperti batik Toraja, Flores, Jawa, Papua, dll. Batik memang telah mendunia, bahkan Bill Gates  bos Microsoft yang kaya raya itu saja tidak malu memakai batik. (Gambar Bill Gates)
9.Kebebasan berpendapat
Inilah salah satu hal yang harus sangat kita syukuri di Indonesia. Masih ingat dalam memori kita pada pemilu (tahun berapa ya?) yang berlangsung dengan lancar. Mari kita bandingkan dengan Malaysia yang rasis terhadap etnis selain etnis melayu, Singapura yang tak memberi tempat untuk suara alternatif selain pemerintah, Thailand yang masih terdapat pertentangan antara kelompok Thaksin dengan lawannya, dan Filipina dengan peringkat sebagai negara tanpa perang dengan ancaman tertinggi untuk wartawan. Kita juga masih sangat ingat kepada demo yang diprediksi diikuti oleh 40.000 orang pada tanggal 28 Januari 2010 yang berlangsung tanpa adanya masalah yang serius. Betapa kita diberikan kebebasan di Indonesia ini.
10.  Kekuatan Militer
Walaupun Indonesia merupakan negara yang cinta damai,namun kehebatan dari militer Indonesia tak perlu diragukan lagi. Dari data World Military Strengh Ranking Ranking yang baru saja dikeluarkan pada Pebruari 2009, militer Indonesia berada dalam peringkat ke-14 diantara 42 kekuatan militer di dunia. Kekuatan militer Indonesia ini lebih kuat dari negara manapun di Asia Tenggara, dan merupakan militer ke-5 paling kuat se-Asia. Kekuatan militer Indonesia terdiri atas personel militer aktif sebesar 316.000, personel militer cadangan sebesar 400.000, jumlah penduduk sebesar 237.512.352 dan budget untuk pertahanan sebesar $ 4.740.000.000. Wow!!!
Tak ada yang harus disesalkan ketika kita berada di Negara seindah, semakmur, dan seindah ini. Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga terhadap bangsa kita sendiri,karena bangsa kita tak akan pernah bisa maju tanpa adanya kebanggaan dari kita. Suatu apresiasi juga kepada Kompetisi Website Kompas MuDA-KFC yang telah membuat banyak pemuda di Indonesia bangga atas dirinya sendiri dan bangsanya sendiri. Jayalah pemuda Indonesia! Jayalah Indonesia! Hidup Mahasiswa! Hidup Indonesia!
*saya juga bangga dengan nama saya: Agung Supriyadi. Nama yang sangat Indonesia sekali, nama yang sering dibilang “kuno” oleh teman-teman saya. Namun, saya tetap bangga dengan nama itu, tidak ada satu titik pun di hati saya untuk mengganti nama itu dengan nama seperti Liu Han, Jack, Dan seok, Michelle, dll. Saya bangga! Saya bangga dengan Agung Supriyadi! Saya bangga dengan Indonesia!

Daftar Pustaka

http://terre.sans.frontiere.free.fr/page_a_voir_a_faire/top_100.htm (accessed Januari 30, 2010).
banin, Tarbiyatul. Tarbiyatul Banin Online. Januari 8, 2010. http://tarbiyatulbanin.wordpress.com/2010/01/08/alhamdulillah-sertifikasi-halal-mui-mendunia/ (accessed Pebruari 1, 2010).
Central Intelligence Agency. 2009. https://www.cia.gov/library/publications/the-world-factbook/rankorder/2001rank.html (accessed Pebruari 4, 2010).
GlobalFirePower. http://www.globalfirepower.com/ (accessed Pebruari 1, 2010).
Gusali. Ali’s Site. Maret 2, 2009. http://gusali.multiply.com/journal/item/1/Indonesia_Juara_Olimpiade_Sains_di_Polandia_II (accessed Pebruari 1, 2010).
Kawan Sejati. April 16, 2007. http://kawansejati.ee.itb.ac.id/dimanakah-terjadinya-kebangkitan-islam-kedua (accessed Pebruari 1, 2010).
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. September 26, 2008. http://www.esdm.go.id/berita/opec/41-opec/2022-produksi-dan-cadangan-minyak-mentah-per-kapita-negara-negara-opec.html (accessed Januari 30, 2010).
Kompas.com. Juli 27, 2009. http://sains.kompas.com/read/2009/07/27/17341775/Bening..Si.Peraih.Perunggu.Olimpiade.Kimia.Internasional (accessed Pebruari 1, 2010).
Muhajir, Anton. Rumah Tulisan. April 9, 2009. http://www.rumahtulisan.com/09/04/2009/pikiran/bangga-indonesia-dengan-apa-adanya.html (accessed Pebruari 1, 2010).
Noor II, Achmad Rouzi. detikNET. Agustus 17, 2009. http://www.detikinet.com/read/2009/08/17/163758/1184501/455/indonesia-juara-olimpiade-komputer-2009 (accessed Pebruari 1, 2010).
Pena Pendidikan. November 3, 2009. http://penapendidikan.com/indonesia-juara-umum-kompetisi-matematika-internasional-2009/ (accessed Pebruari 1, 2010).
Pudjiatmoko. Jurnal Atani Tokyo. July 29, 2009. http://atanitokyo.blogspot.com/2009/07/tiga-pelajar-indonesia-raih-juara.html (accessed Pebruari 1, 2010).
refreshyourmind. All About Hot Nes. Oktober 2, 2009. http://refreshyourmind-newbie.blogspot.com/2009/10/hot-news-batik-mendunia-bill-gates-pun.html (accessed Pebruari 1, 2010).
Shiddiq. Kompetisi Website Kompas Muda KFC. Januari 15, 2010. http://shiddiqblog.com/indonesia-juara-olimpiade-komputer-international-2009/ (accessed Pebruari 1, 2010).
Terselubung. http://terselubung.blogspot.com/2009/09/militer-indonesia-berada-diurutan-ke-14.html (accessed Pebruari 1, 2010).
Wicaksana, Widya. WIEDZ. Oktober 19, 2009. http://supermilan.wordpress.com/2009/10/19/bahasa-indonesia-dipelajari-di-45-negara-2/ (accessed Januari 30, 2010).
—. WIEDZ. Oktober 18, 2009. http://supermilan.wordpress.com/2009/10/18/10-peringkat-indonesia-di-dunia/ (accessed Januari 30, 2009).
wikipedia. http://id.wikipedia.org/wiki/Olimpiade (accessed Januari 30, 2010).
Wikipedia. http://id.wikipedia.org/wiki/Piala_Uber (accessed Januari 30, 2010).
Wikipedia. http://id.wikipedia.org/wiki/Piala_Thomas (accessed January 30, 2010).
Wikipedia. Januari 16, 2010. http://id.wikipedia.org/wiki/Agama_di_Indonesia (accessed Januari 30, 2010).
Wikipedia. http://id.wikipedia.org/wiki/Batik (accessed Januari 30, 2010).

No comments:

Post a Comment

Hatur nuhun ka sadayana nu tos comment..