wejangan dari sang ayah (tentang nasehat)

Kunci sukses dalam berusaha  :
  1. Niat yang kuat, fokuskan tujuan kita untuk apa kita berusaha.
  2. Kuasai bidang usaha yang akan kita geluti.
  3. Modal.
  4. Siapkan mental baja yang tidak akan patah karena sandungan.
  5. Curahkan kreatifitas dan inovasi, karena usaha akan berkembang dengan adanya kreatifitas kita.
  6. Pelayanan yang prima.
  7. Do'a,ini sepele tapi merupakan bagian paling penting dari kemajuan usaha. Karena bagaimanapun kita bergantung pada ridho Tuhan Yang Maha Kuasa (usaha tidak akan pernah jalan jika tanpa adanya ridho dari Tuhan).


Banyak sekali nasihat yang bisa memompa semangat atau merubah cara kerja kita dalam berusaha, namun bila nasehat itu berasal dari orang yang tepat,tentunya akan lebih menggugah titik sadar kita.
Yang paling penting dari nasehat, kritik atau koreksi adalah niat yang mendasarinya,kalau di dasari niat ingin menjatuhkan, koreksi itu akan menjadi pisau atau mata panah. Oleh karena itu nasehat seharusnya di dasari dengan rasa kasih sayang dan persaudaraan.
Nasehat diatas di kemukakan oleh ayah saya ketika mendidik saya agar bisa hidup mandiri. Walaupun kami jarang bertemu, karena suatu hal yang mengharuskan saya untuk berpisah sejak saya masih bayi. Namun saya merasakan ketulusan yang terpancar dari kata-kata beliau, dan tentunya nasehat ini akan sangat berguna sekali, karena saya yakin kalau beliau sangat tulus dalam mengajari putranya hingga saya mampu berdiri kokoh suatu saat nanti.

Ali bin Abi Thalib mengatakan, "Kalau kita memberi nasehat tetapi di depan umum itu sama dengan memaki-maki atau mempermalukan seseorang", maka lebih baik jika nasehat itu di sampaikan dengan lemah lembut.

"Tiadalah kelembutan itu ada pada seseorang kecuali memperindah"


Rasulullah SAW memperbaiki peradaban yang begitu keras dan berat justru dengan kelembutan, kita butuh nasehat yang tulus dari hati yang penuh kasih sayang dengan kata-kata yang terpilih yang tidak melukai diiringi dengan sikap yang tidak menggurui, tidak mempermalukan dan tida memojokan sehingga orang berubahbukan karena ditekan oleh kata-kata kita melainkan tersentuh oleh kata-kata kita.

Marilah kita  terus berlatih untuk menyayangi orang lain karena itulah sumber yang utama agar nasehat kita menjadi bijak dan penuh kemuliaan. "Dan sebaik-baiknya nasehat adalah dengan suri tauladan, hancurnya orang-orang yang sibuk mmberi nasehat adalah ketika apa yang dia katakan tidak sesuai dengan apa yang dia lakukan". Wallahualambishawab

Daftar pustaka : http://www.dpudt-jogja.org/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=76


No comments:

Post a Comment

Hatur nuhun ka sadayana nu tos comment..